Sekolah : SMP Triyasa
Kelas / Semester : IX B / 1 (satu)
Mata Pelajaran : Matematika
Pokok Bahasan : Statistika
Sub Pokok Bahasan : Ukuran Penyebaran Data (Jangkauan, Kuartil, Jangkauan interkuartil, dan simpangan kuartil)
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi :
1. Melakukan pengolahan dan penyajian data
Kompetensi Dasar :
1.2 Menentukan jangkauan, kuartil, jangkauan interkuartil dan simpangan kuartil dalam pengolahan data
Indikator :
1. Menentukan jangkauan dari suatu data
2. Menentukan kuartil dari suatu data
3. Menentukan jangkauan interkuartil dari suatu data
4. Menentukan simpangan kuartil dari suatu data
I. Tujuan Pembelajaran:
- Siswa dapat menentukan jangkauan dari suatu data
- Siswa dapat menentukan kuartil dari suatu data
- Siswa dapat menentukan kuartil atas, median dan kuartil bawah dari suatu data
- Siswa dapat menentukan jangkauan interkuartil dari suatu data
- Siswa dapat menentukan simpangan kuartil dari suatu data
II. Materi Pembelajaran
Ukuran Penyebaran Data
1. Jangkauan
Jangkauan suatu data adalah selisih antara datum terbesar (nilai maksimum) dan datum terkecil (nilai minimum), yang dirumuskan dengan : J = Nmak – Nmin
2. Kuartil
Kuartil adalah ukuran yang membagi data menjadi empat kelompok yang sama banyak.
3. Ada tiga jenis kuartil, yaitu kuartil pertama (kuartil bawah), kuartil kedua (kuartil tengah atau median), dan kuartil ketiga (kuartil atas). Kuartil- kuartil itu berturut-turut diberi notasi Q1,Q2, dan Q3.
4. Jangkauan interkuartil
Jangkauan interkuartil adalah selisih antara kuartil atas dan kuartil bawah.
QR = Q3 – Q1 Dimana QR adalah jangkauan interkuartil
5. Simpangan kuartil
Simpangan kuartil adalah setengah dari jangkauan interkuartil.
Qd = QR atau Qd = (Q3 – Q1)
III. Model pembelajaran :
- Metode ceramah dan pemberian tugas
- Model cooperative learning
- Pendekatan problem solving
IV. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
A. Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi :
· Membuka pembelajaran
· Memeriksa kehadiran siswa
· Mengkondisikan kelas
· Menginformasikan kepada siswa materi yang akan dipelajari
· Mengingat kembali materi prasarat ukuran penyebaran data tentang mean, median, modus
B. Kegiatan Inti
- Menjelaskan materi mengenai ukuran penyebaran data
- Menjelaskan materi tentang jangkauan dari suatu data dan memberikan contoh soal
- Memberikan latihan soal kepada siswa untuk lebih memahami materi yang telah disampaikan
- Menjelaskan materi tentang kuartil dari suatu data dan memberikan contoh soal dengan menggunakan media power point
- Memberikan latihan soal kepada siswa untuk lebih memahami materi yang telah disampaikan
- Menjelaskan materi tentang jangkauan interkuartil dari suatu data dan memberikan contoh soal dengan menggunakan media power point
- Memberikan latihan soal kepada siswa untuk lebih memahami materi yang telah disampaikan
- Menjelaskan materi tentang simpangan kuartil dari suatu data dan memberikan contoh soal dengan menggunakan media power point
- Memberikan latihan soal kepada siswa untuk lebih memahami materi yang telah disampaikan
- Siswa diberi kesempatam untuk bertanya hal-hal yang belum mereka mengerti
- Mengembangkan materi pembelajaran melalui pemecahan masalah untuk mengetahui sejauh mana siswa memahami materi yang telah di sampaikan
- Memberikan latihan soal individu kepada siswa untuk mengetahui sejauh mana siswa memahami materi tentang ukuran penyebaran data dintaranya jangkauan, kuartil, jangkauan interkuartil, dan simpangan kuartil
C. Kegiatan Penutup
- Latihan soal individu yang telah di isi dikumpulkan
- Guru dan siswa menyimpulkan hasil pembelajaran tentang ukuran penyebaran data
- Mengakhiri pembelajaran
V. Alat dan Sumber Belajar
a. Media pembelajaran
- Lembar tugas
- Lembar kerja siswa(LKS)
b. Sumber Belajar
- Buku Belajar Matematika Aktif dan Menyenangkan untuk kelas IX Sekolah Menengah Pertama / Madrasah Tsanawiyah, Wahyudin Djumanta dan Dwi Susanti.
- Buku Intisari Matematika untuk kelas 1, 2 dan 3 SLTP. Drs. Maman Abdurahman.
VI. Penilaian
a. Teknik Penilaian : Tes tertulis (tes individu)
b. Bentuk instrument : Uraian
VII. Contoh Instrumen
1. Lama pembicaraan melalui telephon yang dilakukan oleh rama kepada sinta (dinyatakan dalam menit) tercatat sebagai berikut :
8 12 4 10 12 18
6 8 15 9 12 24
17 25 16 7 11 15
10 12 14 14 5 16
6 22 23 18
Tentukan :
a. Jangkauan
0 Komentar: