Proses pembelajaran quantum teaching intinya pembelajaran yang menyenangkan, kreatif tidak membosankan.
Kalau semua itu tidak tercapai, guru harus ganti strategi dengan menggunakan multi media, sehingga membuat pembelajaran lebih efektif, proses belajar saat ini boleh dikatakan aktif, partisipatif, konstruktif, komunikatif dan berorientasi pada tujuan.
Pembelajaran yang kurang berhasil disebabkan tiga hal :
1. Perkembangan kebutuhan dan aktivitas berbagai bidang kehidupan selalu meninggalkan hasil kerja lembaga pendidikan /kemajuan di luar lebih pesat.
2. Pandangan dan temuan-temuan baru dari berbagai bidang tentang pembelajaran dan pengajaran membuat paradigma, falsafah dan metodologi pembelajaran yang ada sekarang ini tidak cocok lagi.
3. Berbagai permasalahan dan kenyataan negatif tentang hasil pembelajaran menuntut diupayakannya pembaharuan paradigma, falsafah dan metodologi pengajaran.
Dasar Teori Quantum Teaching
Quantum ¾ Bermakna
Pembelajaran quantum merupakan ramuan atau rakitan dari berbagai teori atau pandangan psikologi kognitif dan pemrograman neorologi yang jauh sebelumnya sudah ada dikaitkan dengan penemuan empiris sehingga terjadi keseimbangan antara otak kiri dan otak kanan yang pada dasarnya anak itu mempunyai kecerdasan ganda.
Karakteristik Umum Pembelajaran Quantum
• Berpangkal pada psikologi kognitif
• Bersifat Humanistis bukan positivistis-empiris
• Siswa sebagai pebelajar menjadi pusat perhatian.
• Lebih bersifat pada konstruktivistis
• Memusatkan perhatian pada interaksi yang bermutu dan bermakna.
• Sangat menekankan pada pencapaian pembelajaran dengan taraf keberhasilan tinggi.
• Sangat menekankan kealamiyahan dan kewajaran proses pembelajaran.
Prinsip-Prinsip Pembelajaran Quantum
1. Bawa dunia mereka ke dalam dunia kita dan antarkan dunia kita ke dalam dunia mereka
2. Berlaku prinsip permainan orkestra simponi.
3. Harus berdampak bagi terbentuknya keunggulan.
Teknik Pembelajaran Quantum
Peta konsep menunjukkan penanganan ide-ide pikiran sebagai sasaran dalam bentuk grafis.
Teknik Memori
a. Melatih imajinasi
b. Teknik rantaian kata
c. Teknik plesetan kata
d. Sistem pasak lokasi
e. Teknik Akrostik (jembatan keledai)
0 Komentar: