• 10. Strategi Pembelajaran Bersiklus (cycle learning)

    Ramsey (1993) mengemukakan bahwa pembelajaran efektif secara bersiklus, mulai dari eksplorasi (deskripsi), kemudian eksplanasi (empiric), dan diakhiri dengan aplikasi (aduktif).
    • Eksplorasi berarti menggali pengetahuan prasyarat, 
    • eksplanasi berarti mengenalkan konsep baru dan alternative pemecahan, dan 
    • aplikasi berarti menggunakan konsep dalam konteks yang berbeda.
    Langkah-langkah Strategi Pembelajaran Bersiklus (cycle learning) yaitu :
    1. siswa dikelompokan menjadi beberapa kelompok yang heterogen.
    2. Fase eksplorasi, mengembangkan kreativitas anak dengan bantuan media untuk menemukan konsep yang dipelajari sehingga menimbulkan pengalaman baru untuk membangkitkan minat anak agar senang belajar matematika.
    3. Fase Invention, menciptakan suatu konsep, prinsip, serta hubungan-hubungan yang secara langsung berkaitan dengan hasil eksplorasi.
    4. siswa diminta mengajukan pertanyaan-pertanyaan dari situasi masalah yang diajukan. siswa diberi kesempatan untuk menerapkan  pemahaman baru pada konteks yang berbeda.
    5. Fase Discovery, siswa menemukan pemecahan masalahnya berdasarkan kesepakatan kelompok.
    6. wakil dari kelompok siswa tampil di depan kelas mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.
    7. kelompok lain melengkapi, dan menyimpulkannya.

    0 Komentar:

    Posting Komentar

    Cara Pemesanan dan info untuk Coklat kiloan di Istana Coklat Bandung,
    bisa hubungi via :
    BBM : 2A9E3BCE
    Call: 022-91191880 (Tidak Melayani sms)
    Sms : 085624199863 (tidak melayani Telp)
    WA : 085624199863
    Makasih