• Langkah-langkah Pemecahan Masalah (versi 1)

    a.Memahami masalah Di dalam memahami masalah tujuannya untuk memperoleh gambaran lengkap dari apa yang diketahui dan dari apa yang ditanyakan. Dengan demikian seorang siswa terhindar dari memecahkan suatu soal sebelum dia mengerti betul apa yang ditanyakan. 

    b.Merencanakan penyelesaian Hal terpenting dalam penyelesaian masalah adalah menyusun semua informasi yang relevan, karena bisa gagal penyelesaian masalah jika tidak lengkap informasi yang diperoleh di dalam menyusun informasi yang relevan kita harus menyusun informasi dengan menurunkan informasi dari informasi yang diberikan dalam masalah, kemudian menyusun informasi dari masalah lain yang analog dengan masalah yang dihadapi. Tujuan dari rencana penyelesaian ini yaitu mengubah soal yang diberikan menjadi soal yang baku, artinya soal-soal yang secara prinsip telah diketahui. Dengan demikian soal itu tidak merupakan soal lagi, tinggal melakuakn pengerjaan baku.

    c.Melakukan perhitungan Melakukan perhitungan untuk menyelesaikan masalah sesuai dengan langkah sebelumnya. Kemampuan dalam memahami masalah dan dalam memperoleh semua informasi yang relevan, bukanlah jaminan untuk bisa menyelesaikan masalah, menyelesaikan masalah memerlukan kemampuan tertentu yang biasanya diperoleh dari upaya intelektual karena di dalamnya ada perhitungan. Tujuan dari tahap menyelesaikan masalah sesuai rencana yaitu untuk mengerjakan penyelesaian menurut rencana pemecahan.

    d.Memeriksa kembali proses dan hasil Memeriksa soal yang diberikan telah dipecahkan dengan baik dan tuntas. Dengan memeriksa kembali soal dan menelaah jalan yang dikerjakan, dapat ditemukan kesalahan-kesalahan yang mungkin telah dibuat dan dengan demikian dapat diperbaiki yaitu dengan cara mengecek langkah-langkah yang sudah dilakukan.

0 Komentar:

Posting Komentar

Cara Pemesanan dan info untuk Coklat kiloan di Istana Coklat Bandung,
bisa hubungi via :
BBM : 2A9E3BCE
Call: 022-91191880 (Tidak Melayani sms)
Sms : 085624199863 (tidak melayani Telp)
WA : 085624199863
Makasih