• Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pada Siklus II

    Nama Sekolah : SMP Triyasa Ujungberung Bandung
    Mata Pelajaran : Matematika
    Sub Pokok Bahasan : Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
    Kelas/Semester : VIII/Ganjil
    Pertemuan ke : 2(dua)
    Alokasi Waktu : 2x40 menit

    A.Standar Kompetensi
    1.Memahami sistem persamaan linear dua variabel dan menggunakannya dalam pemecahan masalah

    B.Kompetensi Dasar
    1.1 Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel

    C.Indikator
    1.Menjelaskan bentuk umum sistem persamaan linear dua variabel.
    2.Menentukan contoh dan non contoh sistem persamaan linear dua variabel dengan metode grafik.

    D.Tujuan Pembelajaran
    1.Siswa dapat menjelaskan bentuk umum sistem persamaan linear dua variabel.
    2.Siswa dapat Menentukan contoh dan non contoh sistem persamaan linear dua variabel dengan metode grafik.

    E.Materi Pembelajaran
    1.Sistem persamaan linear dua variabel.
    a.Pengertian Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
    2.Menyelesaikan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
    a.Sistem persamaan linear dua variabel dengan metode grafik.

    F.Langkah-langkah Pembelajaran
    1.Kegiatan Awal
    a.Apersepsi: Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari sebelumnya dengan cara tanya jawab secara lisan. Siswa diharapkan aktif dalam menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru.
    b.Motivasi: guru memberikan ilustrasi model atau kasus yang mengarah pada materi yang akan dibahas.
    2.Kegiatan Inti
    a.Klarifikasi masalah
    Membentuk kelompok secara heterogen dengan masing-masing anggota kelompok berjumlah 4-5 orang.
    Guru menjelaskan materi tentang sistem persamaan linear dua variabel dan sistem persamaan linear dua variabel dengan metode grafik.
    b.Pengungkapan pendapat
    Dalam satu kelompok, setiap siswa dibebaskan untuk mengungkapkan pendapatnya masing-masing tentang penyelesain masalah mengenai sistem persamaan linear dua variabel dan sistem persamaan linear dua variabel dengan metode grafik, sehingga menimbulkan gagasan baru dari hasil diskusi dalam kelompoknya.
    c.Evaluasi dan pemilihan
    Setiap kelompok mendiskusikan pendapat-pendapat atau penyelesaian masalah mana yang cocok untuk menyelesaikan masalah mengenai sistem persamaan linear dua variabel dan sistem persamaan linear dua variabel dengan metode grafik, kemudian dari setiap perwakilan kelompok menjelaskan hasil diskusinya sebagai evaluasi.
    d.Implementasi
    Siswa menentukan sendiri cara penyelesaian masalah mengenai sistem persamaan linear dua variabel dan sistem persamaan linear dua variabel dengan metode grafik yang mereka anggap mudah.
    3.Kegiatan Akhir
    a.Guru memberi komentar dan penilaian tentang hasil diskusi siswa.
    b.Melalui tanya jawab guru membimbing siswa untuk membuat rangkuman.
    c.Menugaskan siswa untuk mengerjakan soal-soal tes formatif siklus II.

    G.Metode Pembelajaran
    1.Pendekatan : Creative Problem Solving
    2.Metode : diskusi

    H.Sumber Belajar
    1.Buku Matematika SMP Jilid 2 untuk Kelas VIII Semester 1 & 2 penerbit Erlangga
    2.Buku Matematika Konsep dan Aplikasinya untuk Kelas VIII SMP dan MTs Penerbit pusat pembukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008

    I.Penilaian
    1.Teknik : Tes Formatif.
    2.Bentuk Instrumen : Tes uraian.


    Bandung, 2011
    Guru Mata Pelajaran, Peneliti,

0 Komentar:

Posting Komentar

Cara Pemesanan dan info untuk Coklat kiloan di Istana Coklat Bandung,
bisa hubungi via :
BBM : 2A9E3BCE
Call: 022-91191880 (Tidak Melayani sms)
Sms : 085624199863 (tidak melayani Telp)
WA : 085624199863
Makasih