Ramsey (1993) mengemukakan bahwa pembelajaran efektif secara bersiklus, mulai dari eksplorasi (deskripsi), kemudian eksplanasi (empiric), dan diakhiri dengan aplikasi (aduktif).
- Eksplorasi berarti menggali pengetahuan prasyarat,
- eksplanasi berarti mengenalkan konsep baru dan alternative pemecahan, dan
- aplikasi berarti menggunakan konsep dalam konteks yang berbeda.
- siswa dikelompokan menjadi beberapa kelompok yang heterogen.
- Fase eksplorasi, mengembangkan kreativitas anak dengan bantuan media untuk menemukan konsep yang dipelajari sehingga menimbulkan pengalaman baru untuk membangkitkan minat anak agar senang belajar matematika.
- Fase Invention, menciptakan suatu konsep, prinsip, serta hubungan-hubungan yang secara langsung berkaitan dengan hasil eksplorasi.
- siswa diminta mengajukan pertanyaan-pertanyaan dari situasi masalah yang diajukan. siswa diberi kesempatan untuk menerapkan pemahaman baru pada konteks yang berbeda.
- Fase Discovery, siswa menemukan pemecahan masalahnya berdasarkan kesepakatan kelompok.
- wakil dari kelompok siswa tampil di depan kelas mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.
- kelompok lain melengkapi, dan menyimpulkannya.
0 Komentar: