Pembelajaran SAVI adalah pembelajaran yang menekankan bahwa belajar haruslah memanfaatkan semua alat indra yang dimiliki siswa.
Istilah SAVI sendiri adalah kependekan dari:
1. proses pembelajaran dikelompokan yang terdiri dari 5 atau 6 orang siswa yang heterogen.
2. proses pembelajaran menggunakan media.
3. mendemonstrasikan konsep matematika.
4. memecahkan masalah dalam kelompok.
5. presentasi hasil diskusi ke depan kelas.
Istilah SAVI sendiri adalah kependekan dari:
- Somatic (belajar dengan berbuat dan bergerah), yang bermakna gerakan tubuh (hands-on, aktivitas fisik) di mana belajar dengan mengalami dan melakukan;
- Auditory (belajar dengan berbicara dan mendengar), yang bermakna bahwa belajar haruslah dengan melaluui mendengarkan, menyimak, berbicara, presentasi, argumentasi, mengemukakan penndepat, dan menanggapi;
- Visualization (belajar dengan mengamati dan menggambarkan), yang bermakna belajar haruslah menggunakan indra mata melalui mengamati, menggambar, mendemonstrasikan, membaca, menggunakan media dan alat peraga; dan
- Intellectualy (belajar dengan memecahkan masalah dan berfikir), yang bermakna bahwa belajar haruslah menggunakan kemampuan berpikir (minds-on) belajar haruslah dengan konsentrasi pikiran dan berlatih menggunakannya melalui bernalar, menyelidiki, mengidentifikasi, menemukan, mencipta, mengkonstruksi, memecahkan masalah, dan menerapkan.
1. proses pembelajaran dikelompokan yang terdiri dari 5 atau 6 orang siswa yang heterogen.
2. proses pembelajaran menggunakan media.
3. mendemonstrasikan konsep matematika.
4. memecahkan masalah dalam kelompok.
5. presentasi hasil diskusi ke depan kelas.
kk ada bku tentang SAVI nda,,,,,???
z lg btuh bgt buat refrensi skripsi ni.
askum. kak bisa ngak kirimkan langkah-langkah pembelajaran model savi dalam menulis karangan deskripsi/narasi,, tolong saya kak karena saya lgi binggung.