Nama Sekolah : SMP Triyasa Ujungberung Bandung
Mata Pelajaran : Matematika
Sub Pokok Bahasan : Persamaan Linear Dua Variabel
Kelas/Semester : VIII/Ganjil
Pertemuan ke : 1 (satu)
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A.Standar Kompetensi
1.Memahami sistem persamaan linear dua variabel dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
B.Kompetensi Dasar
1.1 Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel
C.Indikator
1.Menjelaskan pengertian persamaan linear dua variabel.
2.Menentukan contoh dan non contoh persamaan linear dua variabel.
3.Menggunakan grafik dalam menyelesaikan persamaan linear dua variabel
D.Tujuan Pembelajaran
1.Siswa dapat menjelaskan pengertian persamaan linear dua variabel.
2.Siswa dapat menentukan contoh dan non contoh persamaan linear dua variabel.
3.Siswa dapat Menggunakan grafik dalam menyelesaikan persamaan linear dua variabel.
E.Materi Pembelajaran
1.Persamaan linear dua variabel
a.Pengertian persamaan linear dua variabel
b.Himpunan Penyeleseian Persamaan Linear Dua Variabel
F.Langkah-langkah Pembelajaran
1.Kegiatan Awal
a.Apersepsi: Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari sebelumnya dengan cara tanya jawab secara lisan. Siswa diharapkan aktif dalam menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru.
b.Motivasi: guru memberikan ilustrasi model atau kasus yang mengarah pada materi yang akan dibahas.
2.Kegiatan Inti
a.Klarifikasi masalah
Membentuk kelompok secara heterogen dengan masing-masing anggota kelompok berjumlah 4-5 orang.
Guru menjelaskan materi tentang persamaan linear dua variabel.
b.Pengungkapan pendapat
Dalam satu kelompok, setiap siswa dibebaskan untuk mengungkapkan pendapatnya masing-masing tentang penyelesain masalah mengenai persamaan linear dua variabel, sehingga menimbulkan gagasan baru dari hasil diskusi dalam kelompoknya.
c.Evaluasi dan pemilihan
Setiap kelompok mendiskusikan pendapat-pendapat atau penyelesaian masalah mana yang cocok untuk menyelesaikan masalah mengenai persamaan linear dua variabel, kemudian dari setiap perwakilan kelompok menjelaskan hasil diskusinya sebagai evaluasi.
d.Implementasi
Siswa menentukan sendiri cara penyelesaian masalah mengenai persamaan linear dua variabel yang mereka anggap mudah.
3.Kegiatan Akhir
a.Guru memberi komentar dan penilaian tentang hasil diskusi siswa.
b.Melalui tanya jawab guru membimbing siswa untuk membuat rangkuman.
c.Menugaskan siswa untuk mengerjakan soal-soal tes formatif siklus I.
G.Metode Pembelajaran
1.Pendekatan :Creative Problem Solving
2.Metode :diskusi
H.Sumber Belajar
1.Buku Matematika SMP Jilid 2 untuk Kelas VIII Semester 1 & 2 penerbit Erlangga
2.Buku Matematika Konsep dan Aplikasinya untuk Kelas VIII SMP dan MTs Penerbit pusat pembukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008
I.Penilaian
1.Teknik : Tes Formatif.
2.Bentuk Instrumen : Tes uraian.
Bandung, 2011
Guru Mata Pelajaran, Peneliti,
Mata Pelajaran : Matematika
Sub Pokok Bahasan : Persamaan Linear Dua Variabel
Kelas/Semester : VIII/Ganjil
Pertemuan ke : 1 (satu)
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A.Standar Kompetensi
1.Memahami sistem persamaan linear dua variabel dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
B.Kompetensi Dasar
1.1 Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel
C.Indikator
1.Menjelaskan pengertian persamaan linear dua variabel.
2.Menentukan contoh dan non contoh persamaan linear dua variabel.
3.Menggunakan grafik dalam menyelesaikan persamaan linear dua variabel
D.Tujuan Pembelajaran
1.Siswa dapat menjelaskan pengertian persamaan linear dua variabel.
2.Siswa dapat menentukan contoh dan non contoh persamaan linear dua variabel.
3.Siswa dapat Menggunakan grafik dalam menyelesaikan persamaan linear dua variabel.
E.Materi Pembelajaran
1.Persamaan linear dua variabel
a.Pengertian persamaan linear dua variabel
b.Himpunan Penyeleseian Persamaan Linear Dua Variabel
F.Langkah-langkah Pembelajaran
1.Kegiatan Awal
a.Apersepsi: Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari sebelumnya dengan cara tanya jawab secara lisan. Siswa diharapkan aktif dalam menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru.
b.Motivasi: guru memberikan ilustrasi model atau kasus yang mengarah pada materi yang akan dibahas.
2.Kegiatan Inti
a.Klarifikasi masalah
Membentuk kelompok secara heterogen dengan masing-masing anggota kelompok berjumlah 4-5 orang.
Guru menjelaskan materi tentang persamaan linear dua variabel.
b.Pengungkapan pendapat
Dalam satu kelompok, setiap siswa dibebaskan untuk mengungkapkan pendapatnya masing-masing tentang penyelesain masalah mengenai persamaan linear dua variabel, sehingga menimbulkan gagasan baru dari hasil diskusi dalam kelompoknya.
c.Evaluasi dan pemilihan
Setiap kelompok mendiskusikan pendapat-pendapat atau penyelesaian masalah mana yang cocok untuk menyelesaikan masalah mengenai persamaan linear dua variabel, kemudian dari setiap perwakilan kelompok menjelaskan hasil diskusinya sebagai evaluasi.
d.Implementasi
Siswa menentukan sendiri cara penyelesaian masalah mengenai persamaan linear dua variabel yang mereka anggap mudah.
3.Kegiatan Akhir
a.Guru memberi komentar dan penilaian tentang hasil diskusi siswa.
b.Melalui tanya jawab guru membimbing siswa untuk membuat rangkuman.
c.Menugaskan siswa untuk mengerjakan soal-soal tes formatif siklus I.
G.Metode Pembelajaran
1.Pendekatan :Creative Problem Solving
2.Metode :diskusi
H.Sumber Belajar
1.Buku Matematika SMP Jilid 2 untuk Kelas VIII Semester 1 & 2 penerbit Erlangga
2.Buku Matematika Konsep dan Aplikasinya untuk Kelas VIII SMP dan MTs Penerbit pusat pembukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008
I.Penilaian
1.Teknik : Tes Formatif.
2.Bentuk Instrumen : Tes uraian.
Bandung, 2011
Guru Mata Pelajaran, Peneliti,
0 Komentar: