• Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pada Siklus III

    Nama Sekolah : SMP Triyasa Ujungberung Bandung
    Mata Pelajaran : Matematika
    Sub Pokok Bahasan : Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
    Kelas/Semester : VIII/Ganjil
    Pertemuan ke : 3(tiga)
    Alokasi Waktu : 2x40 menit

    A.Standar Kompetensi
    1.Memahami sistem persamaan linear dua variabel dan menggunakannya dalam pemecahan masalah

    B.Kompetensi Dasar
    1.1Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel

    C.Indikator
    1.Menentukan contoh dan non contoh sistem persamaan linear dua variabel dengan metode eliminasi.
    2.Menentukan contoh dan non contoh sistem persamaan linear dua variabel dengan metode substitusi.
    3.Menentukan contoh dan non contoh sistem persamaan linear dua variabel dengan metode gabungan.

    D.Tujuan Pembelajaran
    1.Siswa dapat menentukan contoh dan non contoh sistem persamaan linear dua variabel dengan metode eliminasi.
    2.Siswa dapat menentukan contoh dan non contoh sistem persamaan linear dua variabel dengan metode substitusi.
    3.Siswa dapat menentukan contoh dan non contoh sistem persamaan linear dua variabel dengan metode gabungan.

    E.Materi Pembelajaran
    1.Menyelesaikan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
    a.Sistem persamaan linear dua variabel dengan metode eliminasi.
    b.Sistem persamaan linear dua variabel dengan metode substitusi.
    c.Sistem persamaan linear dua variabel dengan metode gabungan.

    F.Langkah-langkah Pembelajaran
    1.Kegiatan Awal
    a.Apersepsi: Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari sebelumnya dengan cara tanya jawab secara lisan. Siswa diharapkan aktif dalam menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru.
    b.Motivasi: guru memberikan ilustrasi model atau kasus yang mengarah pada materi yang akan dibahas.
    2.Kegiatan Inti
    a.Klarifikasi masalah
    Membentuk kelompok secara heterogen dengan masing-masing anggota kelompok berjumlah 4-5 orang.
    Guru menjelaskan materi tentang sistem persamaan linear dua variabel dengan metode eliminasi, substitusi dan metode gabungan.
    b.Pengungkapan pendapat
    Dalam satu kelompok, setiap siswa dibebaskan untuk mengungkapkan pendapatnya masing-masing tentang penyelesain masalah mengenai sistem persamaan linear dua variabel dengan metode eliminasi, substitusi dan metode gabungan, sehingga menimbulkan gagasan baru dari hasil diskusi dalam kelompoknya.
    c.Evaluasi dan pemilihan
    Setiap kelompok mendiskusikan pendapat-pendapat atau penyelesaian masalah mana yang cocok untuk menyelesaikan masalah mengenai sistem persamaan linear dua variabel dengan metode eliminasi, substitusi dan metode gabungan, kemudian dari setiap perwakilan kelompok menjelaskan hasil diskusinya sebagai evaluasi.
    d.Implementasi
    Siswa menentukan sendiri cara penyelesaian masalah mengenai sistem persamaan linear dua variabel dengan metode eliminasi, substitusi dan metode gabungan yang mereka anggap mudah.
    3.Kegiatan Akhir
    a.Guru memberi komentar dan penilaian tentang hasil diskusi siswa.
    b.Melalui tanya jawab guru membimbing siswa untuk membuat rangkuman.
    c.Menugaskan siswa untuk mengerjakan soal-soal tes formatif siklus III.

    G.Metode Pembelajaran
    1.Pendekatan : Creative Problem Solving
    2.Metode : diskusi

    H.Sumber Belajar
    1.Buku Matematika SMP Jilid 2 untuk Kelas VIII Semester 1 & 2 penerbit Erlangga
    2.Buku Matematika Konsep dan Aplikasinya untuk Kelas VIII SMP dan MTs Penerbit pusat pembukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008

    I.Penilaian
    1.Teknik : Tes Formatif.
    2.Bentuk Instrumen : Tes uraian.


    Bandung, 2011
    Guru Mata Pelajaran, Peneliti,

0 Komentar:

Posting Komentar

Cara Pemesanan dan info untuk Coklat kiloan di Istana Coklat Bandung,
bisa hubungi via :
BBM : 2A9E3BCE
Call: 022-91191880 (Tidak Melayani sms)
Sms : 085624199863 (tidak melayani Telp)
WA : 085624199863
Makasih