· Pemecahan masalah merupakan bagian dari kurikulum matematika yang sangat penting dalam proses pembelajaran maupun penyelesaiannya.
· Siswa dimungkinkan memperoleh pengalaman menggunakan pengetahuan serta ketrampilan yang sudah dimiliki untuk diterapkan pada pemecahan masalah yang bersifat tidak rutin.
· Melalui kegiatan ini aspek-aspek kemampuan matematika menjadi penting seperti penerapan aturan pada masalah yang tidak rutin, penemuan pola, pengeneralisasian, komunikasi matematika, dan lain-lain dapat dikembangkan secara lebih baik.
Empat Fase Penyelesaian Masalah Menurut Polya
· memahami masalah
· merencanakan penyelesaian
· menyelesaikan masalah sesuai rencana
· melakukan pengecekan kembali terhadap semua langkah yang telah telah dikerjakan
Ada 3 hal yang perlu dipikirkan yang berkaitan dengan pemecahan masalah
· Pembelajaran melalui pemecahan masalah
· Pembelajaran tentang pemecahan masalah
· Pembelajaran untuk pemecahan masalah.
Soal yang merupakan “masalah”
· Soal rutin biasanya mencakup aplikasi suatu prosedur matematika yang sama atau mirip dengan hal yang baru dipelajari.
· Sedangkan dalam masalah tidak rutin, untuk sampai pada prosedur yang benar diperlukan pemikiran yang lebih mendalam.
Strategi unuk memecahkan msalah
· Strategi Act It Out
· Membuat Gambar atau Diagram
· Menemukan Pola
· Membuat Tabel
· Memperhatikan Semua Kemungkinan Secara Sistematik
· Tebak dan Periksa
· Strategi Kerja Mundur
· Membuat Model
· Menyelesaikan Masalah yang Mirip atau Masalah yang lebih Mudah.
3. Pendekatan Open-Ended
· Pembelajaran dengan Open Ended biasanya dimulai dengan memberikan problem terbuka kepada siswa.
· Kegiatan pembelajaran harus membawa siswa dalam menjawab permasalahan denganbanyak cara dan mungkin juga banyak jawaban yang benar.
0 Komentar: