Pembelajaran dengan problem (masalah) terbuka artinya pembelajaran yang menyajikan permasalahan dengan pemecahan berbagai cara (flexibility) dan solusinya juga bisa beragam (multi jawab, fluency). Pembelajaran ini melatih dan menumbuhkan orisinilitas ide, kreativitas, kognitif tinggi, kritis, komunikasi-interaksi, sharing, keterbukaan, dan sosialisasi. Siswa dituntut untuk berimprovisasi mengembangkan metode, cara, atau pendekatan yang bervariasi dalam memperoleh jawaban, jawaban siswa beragam. Selanjutnya siswa juga diminta untuk menjelaskan proses mencapai jawaban tersebut. Dengan demikian model pembelajaran ini lebih mementingkan proses daripada produk yang akan membentuk pola pikir, keterpasuan, keterbukaan, dan ragam berpikir.
Sajian masalah haruslah kontekstual kaya makna secara matematik (gunakan gambar, diagram, table), kembangkan permasalahan sesuai dengan kemampuan berpikir siswa, kaitkan dengan materi selanjutnya, siapkan rencana bimibingan (sedikit demi sedikit dilepas mandiri).
Sintaknya adalah :
- menyajikan masalah,
- pengorganisasian pembelajaran,
- perhatikan dan catat respon siswa,
- bimbingan dan pengarahan,
- membuat kesimpulan.
Langkah-langkah Pembelajarannya yaitu :
1. siswa dihadapkan pada problem terbuka yang menekankan bagaimana sampai pada suatu jawaban.
2. siswa menemukan pola untuk mengkonstruksi permasalahannya sendiri.
3. siswa memecahkan masalah dengan banyak cara penyelesaian dan mungkin banyak jawaban.
4. siswa menyajikan hasil temuannya.
0 Komentar: