Sekolah : MTs Negeri Sagaranten, Sukabumi
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VIII A/II
Pokok Bahasan : Bangun Ruang
Sub Pokok Bahasan : Luas, Volume, dan Perubahan Volume Tabung
Alokasi Waktu : 6x45 menit (tiga kali pertemuan)
Standar kompetensi
- Menggunakan rumus luas, volume dan perubahan volume tabung dalam pemecahan masalah.
Kompetensi dasar
1.1. Mengenali bangun-bangun ruang, diantaranya bangun ruang tabung.
1.2. Mengenali jari-jari, diameter, sumbu simetri putar tabung, selimut tabung dan garis pelukis tabung, melalui gambar tabung.
1.3. Mendefinisikan tabung dari pengamatan gambar jaring-jaring tabung.
1.4. Menggunakan gambar jaring-jaring tabung untuk menemukan rumus luas selimut dan luas permukaan tabung.
1.5. Menghitung luas selimut dan luas permukaan tabung.
1.6. Menghitung volume tabung.
1.7. Menghitung perubahan volume tabung.
Indikator
- Menyebutkan unsur-unsur jari-jari/diameter, tinggi, sisi, alas dari tabung.
- Mendefinisikan tabung dari pengamatan gambar jaring-jaring tabung.
- Menentukan rumus luas selimut dan luas permukaan tabung dengan memperhatikan gambar jaring-jaring tabung.
- Menghitung luas selimut dan luas permukaan tabung.
- Menghitung volume tabung.
- Menghitung besar perubahan volume tabung jika jari-jarinya berubah.
I. Tujuan pembelajaran
- Siswa mampu menyebutkan unsur-unsur jari-jari/diameter, tinggi, sisi, alas dari tabung.
- Siswa mampu mendefinisikan tabung dari pengamatan gambar jaring-jaring tabung.
- Siswa mampu menentukan rumus luas selimut dan luas permukaan tabung dengan memperhatikan gambar jaring-jaring tabung.
- Siswa mampu menghitung luas selimut dan luas permukaan tabung.
- Siswa mampu menghitung volume tabung.
- Siswa mampu menghitung besar perubahan volume tabung jika jari-jarinya berubah.
II. Materi Pembelajaran
- Melukis Jaring-Jaring Tabung
- Luas Selimut dan Luas Permukaan Tabung
- Volume Tabung
- Perubahan Volume Tabung
III. Metode Pembelajaran
- Metode Tanya Jawab
- Metode Praktek
- Metode Penugasan
IV. Kegiatan pembelajaran
Pertemuan ke-1
- Kegiatan Awal
- Apersepsi.
- Siswa menyimak tujuan pembelajaran.
- Siswa menjawab pertanyaan dari guru dalam apersepsi tentang materi pembelajaran.
- Kegiatan Inti
- Siswa menyimak penjelasan guru mengenai bangun ruang tabung.
- Siswa menyebutkan bagian-bagian dari bangun ruang tabung.
- Siswa menyimak penjelasan guru mengenai gambar jaring-jaring tabung dengan menggunakan alat peraga.
- Siswa menyimpulkan definisi tabung dari pengamatan gambar jaring-jaring tabung.
- Siswa membuktikan dengan alat peraga untuk menentukan rumus luas selimut dan luas permukaan tabung.
- Siswa menyimak pengerjaan contoh soal yang disampaikan guru mengenai luas selimut dan luas permukaan tabung.
- Siswa mengerjakan soal yang diberikan oleh guru mengenai luas selimut dan luas permukaan tabung.
- Siswa melaporkan hasil dari mengerjakan soal.
- Kegiatan Akhir
- Siswa menyimpulkan materi mengenai jaring-jaring dan luas permukaan tabung.
- Pengayaan.
- Guru memberikan tugas rumah kepada siswa untuk lebih memahami dan mampu memecahkan masalah dari materi yang telah dibahas di kelas.
Pertemuan ke-2
- Kegiatan Awal
- Apersepsi.
- Siswa melaporkan hasil rumah dan dibahas bersama-sama.
B. Kegiatan Inti
- Siswa menyimak penjelasan guru mengenai volume tabung.
- Siswa menyimak pengerjaan contoh soal yang disampaikan guru mengenai volume tabung.
- Siswa melakukan percobaan dengan menggunakan alat peraga berbentuk tabung yang besar jari-jarinya berbeda untuk menentukan perubahan volume tabung.
- Siswa mengamati perbandingan dari perubahan volume tabung dengan menggunakan alat peraga berbentuk tabung yang besar jari-jarinya berbeda.
- Siswa menghitung perbandingan dari perubahan volume tabung dari hasil percobaan dan pengamatan dengan menggunakan alat peraga.
- Siswa mengerjakan soal yang diberikan oleh guru mengenai volume dan perubahan volume tabung.
- Siswa melaporkan hasil dari mengerjakan soal.
C. Kegiatan Akhir
- Siswa menyimpulkan materi mengenai volume dan perubahan volume tabung.
- Pengayaan.
- Guru memberikan tugas rumah untuk lebih memahami dan mampu memecahkan masalah dari materi yang telah dibahas di kelas.
Pertemuan ke-3
- Kegiatan Awal
- Siswa melaporkan hasil rumah.
- Kegiatan Inti
- Evaluasi
C. Kegiatan Akhir
- Mengumpulkan hasil evaluasi
V. Alat dan Sumber Belajar
- Buku sumber mata pelajaran matematika kelas VIII semester II.
- LKS.
- Alat peraga.
- Referensi lain.
VI. Evaluasi
- Teknik : Tugas-tugas, free test, post test, ulangan.
- Bentuk instrument : pertanyaan dengan tulisan.
VII. Contoh Instrumen :
a. Soal Uraian
1. Sebuah tangki yang berbentuk tabung berisi air penuh dengan jari-jari alas 14 cm dan tingginya 18 cm, dimasukkan tiga bola besi yang berjari-jari 2 cm dan tenggelam sampai ke dasar tabung. Maka hitunglah :
a. Panjang selimut tabung
b. Lebar selimut tabung
c. Luas selimut tabung
d. Luas permukaan tabung
2. Luas selimut tabung tanpa tutup adalah 942 cm2 dan tinggi tabung 15 cm. hitunglah luas permukaan tabung tanpa tutup!
3. Sebuah tabung mempunyai jari-jari 6 cm dan tinggi 14 cm. jika panjang jari-jari alasnya diperbesar menjadi 12 cm, tentukanlah :
a. Volume tabung
b. Perbandingan volume kedua tabung
c. Besar perubahan volume tabung
Sukabumi, 9 Februari 2008
Mengetahui
Guru Bidang Studi Observer
Iman Kurniawan S.pd Nurstania Farhatun Nisa
NIP. NIM. 206 200 681
Mengetahui
Kepala sekolah
Z Abidin S. Pd I
NIP.
0 Komentar: